Friday, November 9, 2018

Cara Membuat UI System Informasi Koin Dan Nyawa Player Pada Aplikasi Unity 3D

Cara Membuat UI System Informasi Koin Dan Nyawa Player Pada Aplikasi Unity 3D




Cara Membuat UI System Informasi Koin Dan Nyawa Player Pada Aplikasi Unity 3D - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sebuah game pastinya memiliki tujuan ketika pemain memainkannya, biasanya tujuan tersebut dapat berupa sebuah objek ataupun penilaian tertentu. Kebanyakan dari sebuah game akan menggunakan waktu, koin dan juga nyawa didalam game tersebut. Untuk mendapatkannya maka kita dituntut untuk memikirkannya dan juga melakukan pada saat bermain game dengan beberapa trik, strategi, penempatan, ketepatan dan lain sebagainya tersebut mempengaruhi permainan untuk mendapatkan tujuan yang ingin kita dapatkan.

Ketika tujuan tersebut sudah tercapai maka kita biasanya akan mendapatkan kemenangan atau bahkan "reward/hadiah" sesuai dengan kebijakan pembuat game. Namun, jika sebaliknya kita tidak dapat meraih tujuan tersebut maka biasanya kita akan menghadapi sebuah interface kekalahan pada saat tujuan tersebut tidak terpenuhi atau tercapai.

Lalu, bagaimanakah cara membuat informasi UI tersebut pada tampilan game ?

UI System - Adalah sebuah tampilan yang khusus ditujukan untuk pemain agar dapat mengetahui sebuah data nomor atau teks sistem dari game itu sendiri, sehingga kita bisa mengetahui informasi digit nomor dari nyawa ataupun koin yang sudah kita dapatkan pada saat sedang bermain game.

Untuk membuatnya, kita membutuhkan sebuah komponen kanvas atau media untuk kita edit dan berikan fungsi UI teks tersebut pada game. Berikut ini merupakan tutorial cara membuat UI System Informasi Koin Dan Nyawa Player Pada Aplikasi Unity 3D :
  • Pertama, buka aplikasi Unity 3D dan klik (1). "GameObject" untuk mendapatkan kumpulan object. (2). kemudian pilih "UI". (3). lalu pilih "Canvas". (4). saat canvas sudah tersedia maka rename nama menjadi "Canvas Score".

  • Kedua, setelah canvas sudah didapatkan maka selanjutnya tidak harus mendapatkan UI text dengan cara berikut ini. (1). "GameObject" untuk mendapatkan kumpulan object. (2). kemudian pilih "UI". (3). lalu pilih "Text". (4). Jangan lupa untuk memasukannya kedalam "Canvas Score" agar dapat teridentifikasi saat kelak ingin dinonaktifkan dan tidak tercampur dengan komponen yang lain.

  • Ketiga, sobat bisa mengedit teks yang ada didalamnya seperti gambar yang sudah ada, sesuaikan dengan keinginan sobat. Jika sudah maka sobat bisa mengatur posisi daripada UI Text didalam canvas.

  • Keempat, setelah semua sudah anda lakukan sobat bisa memeriksa tampilan yang nantinya akan terjadi pada saat game sedang dimainkan. Untuk memeriksa tampilannya maka klik tab "Game" didalam aplikasi seperti berikut ini :


Jika posisi dan tampilan sudah sesuai dengan keinginan berarti sobat sudah menyelesaikan tutorial ini dengan baik, untuk penerapan fungsi digit nomor pada koin ataupun nyawa player akan saya lanjutkan pada kesempatan tutorial berikutnya, selamat bertemu kembali.


Artikel terkait :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Membuat UI System Informasi Koin Dan Nyawa Player Pada Aplikasi Unity 3D.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Membuat UI System Informasi Koin Dan Nyawa Player Pada Aplikasi Unity 3D.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments