Monday, November 5, 2018

Cara Mendapatkan Aplikasi Unity 3D Dan Aplikasi Pendukungnya Untuk Membuat Game Keren

Cara Mendapatkan Aplikasi Unity 3D Dan Aplikasi Pendukungnya Untuk Membuat Game Keren




Cara Mendapatkan Aplikasi Unity 3D Dan Aplikasi Pendukungnya Untuk Membuat Game Keren - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Pada era yang modern ini siapa sih yang tidak mengetahui berbagai game yang cukup populer, meski anda tidak sempat ikut bermain didalamnya maka hal itu tidak menghalangi anda juga terkena dampat rating atau popularitas aplikasi tersebut. Jika aplikasi sudah populer maka biasanya akan terkenal di dalam social media yang akan dibicarakan oleh berbagai pengguna yang sering menggunakannya. Nah, sebelum berbagai aplikasi game dapat dimainkan oleh berbagai penggunaannya baik itu secara online maupun secara offline maka aplikasi tentunya sebelumnya dibuat oleh seseorang ataupun sebuah perusahaan.

Ada banyak orang yang memiliki keinginan untuk membuat aplikasi dengan tujuan menghibur banyak orang atau pun mengambil keuntungan dari kesempatan tersebut melalui aplikasi yang sudah dibuatnya. Nah salah satu dari diantara aplikasi yang dapat menghasilkan aplikasi game adalah aplikasi Unity 3D, selain unity ada juga aplikasi yang bernama android studio yang lebih luas dalam hal pembuatannya karena tidak diperuntukkan hanya pada project game saja akan tetapi aplikasi-aplikasi lainnya yang memiliki kemampuan yang tinggi. Sesuai dengan judul, pastinya saya akan membahas aplikasi unity sesuai dengan judul yang saya buat.

Seperti apakah Unity 3D ?
Bagaimana cara mendapatkannya dan menggunakannya ?

Simak ulasan berikut ini untuk mempelajarinya lebih banyak tentang Unity 3D,

Unity 3D - Adalah salah satu aplikasi yang sangat baik dan profesional dalam hal pembuatan game ber-genre kan dua dimensi dan tiga dimensi. Jika kita menggunakan aplikasi android studio mungkin kita akan sangat kewalahan karena didalam android studio tidak memiliki skema atau scene, nah tentunya aplikasi unity memiliki hal itu yang berguna untuk mendesain tampilan game yang akan kita buat nantinya. Baik itu pencahayaan, warna, tekstur, bentuk dan juga ukuran dari sebuah objek game.

Ada yang bertanya kepada saya mengenai perangkat apa yang mendukung, dan ia mengatakan :
Apakah saya bisa membuat game pada smartphone Android saya ini ?

Unity 3D sendiri untuk saat ini hanya dapat dioperasikan pada sistem operasi windows sehingga hardware yang dapat digunakan adalah komputer ataupun laptop, untuk perangkat keras smartphone belum mampu melakukan hal ini akan tetapi kedepannya mungkin hal ini dapat dilakukan oleh android juga jika manusia terus mengembangkan perangkat smartphone menjadi lebih cerdas seperti halnya komputer.

Sehingga jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah "Tidak dapat" karena untuk saat ini dapat dilakukan oleh perangkat Computer.


Spesifikasi Minimum


Windows :
  • Microsoft Windows 7/8/10 (32 atau 64 Bit).
  • 3GB RAM(Random Access Memory).
  • Tersedia 2GB kosong pada harddisk komputer(Saat installasi).
  • 1280 x 800 screen resolusi.

Mac OS :
  • Mac OS X 10.10(Yosemite).
  • 3GB RAM(Random Access Memory).
  • Tersedia 2GB kosong pada harddisk komputer(Saat installasi).
  • 1280 x 800 screen resolusi.

Linux :
  • GNOME atau KDE Desktop semua varian.
  • 64Bit dan 32Bit aplikasi distribution.
  • GNU C Library(glibc) 2.19.
  • 3GB RAM(Random Access Memory).
  • Tersedia 2GB kosong pada harddisk komputer(Saat installasi)
  • 1280 x 800 screen resolusi.


Spesifikasi Rekomendasi


Windows :
  • Microsoft Windows 7/8/10 (32 atau 64 Bit).
  • 8GB RAM(Random Access Memory).
  • Tersedia 4GB kosong pada harddisk komputer(Saat installasi).
  • 1280 x 800 screen resolusi keatas.

Mac OS :
  • Mac OS X 10.10(Yosemite).
  • 8GB RAM(Random Access Memory).
  • Tersedia 4GB kosong pada harddisk komputer(Saat installasi).
  • 1280 x 800 screen resolusi keatas.

Linux :
  • GNOME atau KDE Desktop semua varian.
  • 64Bit dan 32Bit aplikasi distribution.
  • GNU C Library(glibc) 2.19.
  • 8GB RAM(Random Access Memory).
  • Tersedia 4GB kosong pada harddisk komputer(Saat installasi).
  • 1280 x 800 screen resolusi keatas.

Apabila sobat memiliki perangkat keras komputer yang berada pada posisi spesifikasi minimum atau ke atas maka sobat bisa menggunakan aplikasi ini untuk komputer sobat yang nantinya akan digunakan untuk membuat game.

Bagaimana kah cara mendapatkan aplikasi Unity 3D ?

Unity 3D - Adalah sebuah aplikasi yang gratis dapat digunakan oleh berbagai kalangan secara mudah, akan tetapi kekurangan dari versi aplikasi ini yang gratis adalah saat memulai game terdapat logo aplikasi ini yakni unity. Pihak unity juga menyediakan versi yang berbayar apabila anda menghendaki untuk menghilangkan logo tersebut saat game anda sedang digunakan di dalam smartphone.


Namun bagi anda yang memiliki uang untuk melakukan hal ini maka biasanya dapat anda tempuh, selain itu harga yang di patok juga tidak terlalu mahal untuk versi premiumnya. Jika anda tidak ingin mengeluarkan biaya bagi sobat yang tidak memiliki uang maka sobat bisa mencari aplikasi tersebut versi "Cracking" di dalam internet yaitu google.

Berikut ini adalah halaman resmi unity yang dapat anda gunakan untuk mengunduh aplikasi unity untuk komputer sobat :


Aplikasi Pendukung


Jangan lupa dua pendukung yang tidak boleh dilupakan agar tahap editing dan rendering dapat berjalan dengan lancar maka membutuhkan dua aplikasi pendukung yakni :

Untuk proses pengunduhan SDK harap perhatikan bahwasannya kita hanya membutuhkan SDK saja, sedangkan pada halaman bagian atas disediakan download Android Studio + SDK, nah anda download SDKnya saja yang ada di bawah dengan cara scroll kebawah sampai menemukan gambar seperti berikut ini kemudian downloadlah SDK sesuai dengan jenis OS yang dipakai pada komputer/laptop sobat :


Anda pada dasarnya tidak diwajibkan untuk memakai 2 aplikasi di atas ini jika sobat berkeinginan untuk membuat game PC(Komputer), untuk installasi semua aplikasi diatas saya anggap sobat sudah cukup paham dalam hal installasi aplikasi kedalam komputer. Dua pendukung wajib anda pakai apabila sobat berkeinginan untuk membuat game versi android.

Ketika anda ingin membuild atau merender aplikasi agar dapat keluar menjadi sebuah aplikasi yang utuh dan dapat dinikmati atau digunakan maka sobat akan diberikan opsi untuk versi Blackberry, Android, TV, PSP, Playstation ataupun Komputer.

Apabila ketiga aplikasi sudah anda pasang dengan baik maka sobat berarti sudah siap untuk menghadapi langkah selanjutnya dalam hal pengenalan komponen dan pembuatan game tentunya di sesi artikel berikutnya.



Artikel terkait :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Mendapatkan Aplikasi Unity 3D Dan Aplikasi Pendukungnya Untuk Membuat Game Keren.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Mendapatkan Aplikasi Unity 3D Dan Aplikasi Pendukung.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments