Monday, November 5, 2018

Cara Mengoperasikan Dan Membuat Project Game Baru 2D Pada Unity 3D

Cara Mengoperasikan Dan Membuat Project Game Baru 2D Pada Unity 3D




Cara Mengoperasikan Dan Membuat Project Game Baru 2D Pada Unity 3D - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Pada sesi sebelumnya kita sudah membahas tentang bagaimana cara mendapatkan aplikasi unity untuk komputer lengkap dengan spesifikasi minimal maupun rekomendasi terhadap komputer yang akan digunakan. Sehingga saya lanjutkan dengan tutorial selanjutnya tentang cara pengoperasian aplikasi ini di tahap awal ketika aplikasi sudah terinstall ke dalam komputer kita, yang nantinya kita akan fokus untuk membikin aplikasi game 2 dimensi.

Seperti apakah tutorial pengoperasian awal aplikasi Unity 3D ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mendapatkan langkah-langkah tutorialnya,

Project Game - Adalah sebuah paket yang lengkap dan memiliki fungsi untuk dijadikan bahan baku sebuah game dapat tercipta, project biasanya berisikan file gambar, script dan juga design. Letak penyimpanan project sendiri bisa kita tentukan sesuai keinginan ketika kita sedang membuat project game pertama kalinya di dalam aplikasi tersebut.

Sedangkan istilah 2 Dimensi adalah jenis game yang hanya memiliki bentuk panjang dan lebar pada objek atau bahan yang digunakan, selain lebih mudah daripada pembuatan jenis game 3D sehingga jenis game ini paling cocok diterapkan pada seorang pemula sebelum mereka benar-benar mahir menggunakan aplikasi ini.

Berikut ini adalah cara mengoperasikan aplikasi saat aplikasi Unity 3D sudah terinstall :


1. Membuka Aplikasi


Langkah pertama sangatlah mudah, yakni kita bisa membuka aplikasi yang sudah terinstall secara langsung dengan cara dobel klik pada file aplikasi Unity 3D. Sedangkan tempat instalasi directory aplikasi tersebut berada itu sudah ditentukan pada saat aplikasi pertama kali diinstall sebelumnya.


2. Membuat Project Baru



Langkah selanjutnya yakni membuat project baru dengan cara mengklik "New" pada tab "Project" juga "On Disk" seperti gambar di atas. Nah, sedangkan kumpulan project yang ada di tengah tersebut ada ketika kita sudah membuat dan menyimpan project kita sebelumnya hingga saat kita ingin melanjutkan proses pembuatan project game maka kita hanya membutuhkan satu klik pada project yang terakhir kali kita edit.


3. Memberi Nama Dan Jenis Game Yang Dikerjakan



Setelah kita sudah klik new sebelumnya maka kita akan disuguhkan tampilan yang mengharuskan kita untuk memberi nama pada project yang akan kita kerjakan. Untuk penamaan mungkin saya rasa sobat sudah mengerti apa yang akan kita buat kedepannya seperti super mario, flapy bird dan lain sebagainya yang tentunya adalah nama game 2 dimensi.

Sedangkan selektor 3D dan 2D adalah klasifikasi jenis project yang akan dikerjakan, perbedaannya yaitu untuk jenis project 3D akan memiliki tiga sumbu dan untuk jenis project 2D hanya memiliki dua sumbu pada tab editor yang sebelumnya sudah saya terangkan tentang sumbu berdasarkan kategori interface pada artikel sebelum installasi.

Kemudian saat semuanya sudah dirasa terisi dengan baik maka silahkan anda untuk melanjutkannya dengan eksekusi klik "Create Project", saat kita sudah mengklik maka aplikasi akan berusaha membuat project sesuai yang kita inginkan secara mentah.


4. Project Siap Dikerjakan


Pada saat project yang kita inginkan sudah terbentuk dengan baik sekitar 10 detik sampai 30 detik pemrosesan, setelah itu kita akan disuguhkan tampilan editor yang nantinya sangat berperan penting dalam hal editor game guna terbentuknya game dengan baik.

Berikut ini adalah gambar editor aplikasi Unity 3D ini :


Main camera adalah sebuah fungsi yang wajib sehingga secara otomatis disertakan oleh aplikasi ini pada saat kita pertama kali membuat sebuah project, sedangkan fungsinya yakni untuk merekam aktivitas model game serta objek-objek yang lainnya seperti halnya perang, jalan kaki, melompat, mati dan lain sebagainya yang dapat kita lihat atau nikmati di layar handphone kita saat memainkan game jika sudah jadi game buatan kita.

Anda juga dapat menambahkan Camera lainnya jikalau membutuhkan beberapa adegan atau tampilan tertentu.


Artikel terkait :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Mengoperasikan Dan Membuat Project Game Baru 2D Pada Unity 3D.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Mengoperasikan Dan Membuat Project Game Baru 2D Pada Unity 3D.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments