Saturday, December 1, 2018

Cara Membuat Jurang Kematian Menggunakan Terain Collider Pada Unity 3D

Cara Membuat Jurang Kematian Menggunakan Terain Collider Pada Unity 3D




Cara Membuat Jurang Kematian Menggunakan Terain Collider Pada Unity 3D - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Hai, bertemu lagi dengan admin pada hari yang sangat indah ini saya akan membagikan tutorial tentang cara membuat jurang kematian yang sangat menyeramkan. Pastinya terdengar sangat menakutkan bukan ? bagi sobat yang tidak kuat membaca artikel ini maka disarankan untuk tidak membacanya. Fungsi dari komponen ini adalah untuk membuat sebuah area khusus yang apabila pemain terjun atau berjalan kedalamnya maka ia akan selesai atau mati. Hal ini berfungsi untuk menutupi bug apabila pengguna dari aplikasi game atau pemain nakal karena tidak mematuhi atau mengikuti perintah aturan bermain.

Sehingga saat hal ini dilakukan maka mereka akan mendapati dirinya mati dan game menjadi berakhir dengan kekalahan yang tragis alias masuk ke dalam jurang. Akan tetapi sebelumnya kalian harus sudah memiliki project yang di dalamnya terdapat karakter dan juga area bermain, karena nantinya jurang akan ditempatkan di bawah arena bermain.

Lalu, bagaimanakah cara membuat Jurang Kematian Menggunakan Terain Collider Pada Unity 3D ?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya tutorial beserta kodingnya,

Jurang - Adalah salah satu fungsi yang dimanfaatkan untuk membuat sebuah area khusus agar pemain tidak mendekati atau memasuki area yang terlarang tersebut, jika pemain memaksakan diri untuk mendekatinya maka nyawa mereka akan terancam. Biasanya pada jurang memiliki ciri tekstur yakni ketinggian, memiliki benda tajam di dalamnya, terdapat objek berbahaya di dalamnya dan lain sebagainya.

Jurang sendiri dapat diletakkan pada berbagai tempat yakni kota, pedesaan, kuburan, rumah-rumah dan paling seringnya adalah hutan.

Terain Dan Collider - Merupakan kata lain dari sebuah dataran objek pada aplikasi unity game, alas ini akan diberi nilai trigger sehingga ketika pemain menyentuh objek ini maka script akan mendeteksi dengan baik pada objek yang mengenai objek bernilai trigger tersebut. Sedangkan collider sendiri adalah bentuk kerangka sebuah bangun yang nantinya akan dimanfaatkan untuk membuat area yang dimaksud.

Oke saya rasa langsung saja kita menuju pada inti dari pembahasan kali ini untuk membuat jurang :
  • Pertama, kita harus membuat sebuah object terlebih dahulu yang nantinya digunakan untuk mendeteksi apakah pemain menyentuh jurang atau tidak dengan cara membuat Game Object baru " CTRL + SHIFT + N ", setelah itu beri nama dengan nama " Terain 1 " atau terserah sobat lalu, (1). Klik " Add Component ". (2). Kemudian klik " Physics 2D ". (3). Lalu pilih " Box Collider 2D ".

  • Kedua, (1). Karena sebelumnya kita sudah mendefinisikan namanya menjadi " Terain 1 " maka anda bisa melewati tutorial nomor 1 ini, (2). Kemudian checklist pada " Is Trigger " untuk mendefinisikan ketika komponen disentuh oleh pemain nantinya.

  • Ketiga, Setelah itu kita bisa membuat script C# dengan cara, (1). Klik kanan pada project direktori, (2). Klik " Create ", (3). Klik " C# Script ".

  • Keempat, Kemudian beri nama file dengan nama " Valley_Terrain " lalu buka scriptnya dan letakan script ini didalamnya :
  • 
    using System.Collections;
    using System.Collections.Generic;
    using UnityEngine;
    
    public class Valley_Terrain : MonoBehaviour {
    
     Player_Controller Dead;
    
     void Start () {
      Dead = GameObject.Find("Player").GetComponent<Player_Controller> ();
     }
    
     void Update () {
    
     }
    
     void OnTriggerEnter2D (Collider2D Valley) {
      if (Valley.transform.tag == "Player") {
       Dead.Health = 0;
       Dead.CurrentHealth = 0;
      }
     }
    
    }
    
    NB : Untuk "Player_Controller" adalah script yang mana kita meletakan komponen darah pemain, sehingga saat pemain menyentuh jurang maka script akan mengakses script Player_Controller untuk menangani ukuran darah yang anda tentukan. Disini saya akan menjadikan darah bernilai nol sehingga pemain akan langsung mati dan game tentunya akan berakhir jika pemain mendapati darahnya bernilai nol( 0 ).
  • Kelima, sekarang saatnya kita memasukkan script ke dalam komponen dan juga mengatur posisi dan ukuran daripada jurang tersebut, (1). Klik object jurang yang sudah kita buat pada tutorial ini, (2). Klik script dan drag sampai pada, (3) Kedalam inspektor komponen dari game object " Terain 1 ". (4). Kemudian sesuaikan panjang dari ukuran terrain collider sesuai kebutuhan anda dan letakan tepat dibawah arena bermain, sehingga nanti ketika pemain terjatuh otomatis pemain akan menyentuh object jurang Terrain 1 tersebut yang akan menyebabkan pemain akan memiliki darah 0 dan akhirnya mati alias game over(kalah).



Artikel terkait :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Membuat Jurang Kematian Menggunakan Terain Collider Pada Unity 3D.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Membuat Jurang Kematian Menggunakan Terain Collider Pada Unity 3D.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments