Thursday, December 6, 2018

Menemukan Celah Keamanan Google, Pemuda Pasuruan Jawa Timur Mendapatkan Hadiah Rp 111 Juta Dari Google

Menemukan Celah Keamanan Google, Pemuda Pasuruan Jawa Timur Mendapatkan Hadiah Rp 111 Juta Dari Google




Menemukan Celah Keamanan Google, Pemuda Pasuruan Jawa Timur Mendapatkan Hadiah Rp 111 Juta Dari Google - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Didalam dunia internet, sebuah celah merupakan makanan yang sangat lezat bagi para penjahat ketika mereka beraksi. Mereka menukar kerusakan dengan ketenaran mereka terhadap hacker yang lainnya, semakin banyak yang mereka rusak maka akan semakin tinggi tingkat kredibilitasnya terhadap komunitas heker tersebut. Bahkan ada yang menggunakan data hacking untuk keuntungan dirinya sendiri.

Perusahaan yang besar sekelas Google juga ternyata tidak luput dihajar oleh para hacker, tentunya perusahaan ini tidak boleh diam saja agar mereka tetap aman. Sehingga perusahaan ini menggelar acara resmi yakni bagi siapapun yang mampu melihat atau mengakses celah yang memiliki kemungkinan untuk menghancurkan data Google maka google tak segan-segan membayar mereka yang dapat melakukannya dengan baik, mereka harus melaporkan dan memberikan fakta otentik tentang apa yang mereka temukan, pihak google melarang untuk merusak akan tetapi bukti ketika partisipan melakukannya.

Acara ini digelar dan diberi nama " Bug Bounty " yang menawarkan hacker diseluruh dunia untuk mencari kelemahan dari berbagai program Google seperti Gmail, Google Maps/Earth, Google Search, Google Drive dan lain sebagainya.

Siapakah sosok anak desa Pasuruan Jawa Timur yang dimaksud ?

Ada kata mutiara dari mimin juga loh di ending untuk sobat biar jago seperti Hacker Jawa Timur yang satu ini, hehe.

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya,

Pada bulan Mei 2018 silam Google sudah memberikan hadiah kepada remaja asal Uruguay yang bernama Ezequiel Pereira yang berumur 17 tahun dengan hadiah sebesar $36.000 USD atau sekitar Rp. 504 juta rupiah. Pereira mendapatkan hadiah tersebut dari Google karena berhasil menemukan sebuah celah atau Bug pada sistem internal Google.

Nosa - Adalah seorang pemuda yang berasa dari Desa Bukir, Kota Pasuruan, Jawa Timur. Nosa mendapatkan hadiah dari Google sebesar $7.500 USD karena berhasil mengetahui celah keamanan Google. Meski tak sebanyak Pereira, namun dengan nominal $7.500 USD tersebut sudah setara dengan Rp. 112 Juta Rupiah yang mana tidak mungkin didapatkan secara mudah apabila kita bekerja secara penuh dalam satu minggu atau satu bulan. Namun pemuda ini bisa mendapatkannya secara sekilas hanya dengan melihat celah keamanan Google.

Nosa tidak menyangka mendapatkan hadias sebegitu besarnya, pihak google menghubungi Nosa via Email untuk memberitahukan bahwa akan diberi hadiah pada waktu Selasa (25/9/2018). Berikut ini adalah kalimat yang disampaikan oleh pihak Google kepada Nosa via Email :

" As Part of Google Vulnerability Reward Program. the panel decided to issue a reward of $7500.00 USD,". Itulah penggalan kalimat yang ada pada email Nosa dari Pihak Google tersebut.

Nosa menuturkan bahwa ia menemukan celah pada google ketika itu, dan celah yang ia dapatkan bisa menyebabkan kerusakan pada sistem pencarian Google. Celah tersebut termasuk dalam kategori sadap karena berpotensi menyebabkan " Click Hijacking ", yakni mengambil alih visitor kedalam website buatan heker yang dibuat sedemikian rupa seperti aselinya ketika pengunjung mengeklik sebuah hasil pencarian.

Contoh simpel : "Anda mencari facebook pada google dan anda menemukan Facebook pada halaman paling atas, ketika anda mengeklik facebook maka anda dialihkan pada web Hacker yang didesain mirip Facebook".

Hal ini tidak berlaku untuk semua google didunia, namun celah ini dapat dimanfaatkan pada negara tertentu melalui DNS dan Provider Internet yang digunakan oleh para pengguna di negara tertentu tersebut.

Setelah Nosa melaporkan issue atau permasalahan Bug tersebut kepada google, ternyata Pihak Google segera merespon dengan menanggapi untuk akan segera menutup masalah tersebut dengan ditambah akan memberi hadiah saudara Nosa sebesar $7.500 USD tersebut.


Hebat bukan ?

Meskipun anak pedesaan, latar belakang tidak dapat menilai seseorang tersebut akan tetapi pengetahuan yang mengagumkan akan membuat semua orang bisa menilai siapa anda sebenarnya. Jadi untuk sobat yang sedang belajar dalam bidang IT jangan mudah menyerah dengan keadaan sobat sekarang dan teruslah mengejar cita-cita sobat setinggi mungkin. Karena sukses terjadi karena apa yang kita lakukan bukan apa yang orang nilai pada diri anda.


Artikel terkait :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Menemukan Celah Keamanan Google, Pemuda Pasuruan Jawa Timur Mendapatkan Hadiah Rp 111 Juta Dari Google.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Pemuda Pasuruan Jawa Timur Mendapatkan Hadiah Rp 111 Juta Dari Google.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments