Sunday, December 2, 2018

Samsung KNOX : Pengertian, Fungsi Dan Kinerjanya Samsung Knox Lengkap

Samsung KNOX : Pengertian, Fungsi Dan Kinerjanya Samsung Knox Lengkap




Samsung KNOX : Pengertian, Fungsi Dan Kinerjanya Samsung Knox Lengkap - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Siapa sih yang tidak mengenal salah satu vendor smartphone legendaris ini ? Vendor ini sudah cukup familiar di telinga banyak orang sejak popularitasnya naik pada tahun-tahun sebelumnya. Bagaimana tidak ? pabrik ini mampu terus berinovasi dan menciptakan teknologi baik itu komunikasi, multimedia, alat elektronik dan masih banyak yang lainnya. Salah satu rivalnya yakni Nokia yang sebagai raksasa itu sampai terpuruk, namun berkat kegigihan Samsung maka perusahaan itu tidak sampai terpuruk seperti Nokia dan tetap eksis sampai saat ini. Nah salah satu keunggulan yang kini digadang-gadang oleh vendor ini yakni fungsi sistem KNOX.

Bagi kebanyakan orang awam mungkin belum mengetahui, karena pasalnya jenis sistem buatan Samsung ini baru diperkenalkan pada Android Jelly Bean (4.3) keatas pada tahun 2013 silam.

Seperti apakah pengertian dan fungsi dari Samsung KNOX ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya lebih banyak,

Samsung KNOX - Merupakan salah satu jenis sistem keamanan ekstra buatan samsung yang diluncurkan oleh perusahaan tersebut pada tahun 2013, peran penting dari KNOX adalah untuk menambahi/memberi keamanan ekstra pada perangkat seluler yang nantinya akan ditanami oleh sistem ini. KNOX dapat membagi data untuk jenis data pribadi dan data penting(khusus) milik anda yang tentunya hanya anda yang harus mengaksesnya saja.

Dengan menggunakan jenis sistem KNOX maka samsung berusaha secara baik untuk melawan asumsi masyarakat yang pada umumnya kebanyakan menganggap bahwa ponsel dengan jenis sistem operasi Android rawan terjangkiti penyakit atau malware berbahaya. Teknologi ini turut bersaing di mata dunia yang merambah ke pasaran untuk menantang siapapun rivalnya dalam menciptakan sistem keamanan yang ketat, tujuan utama adalah bersaingnya samsung dengan Blackberry dan juga Apple yang terlebih dahulu memproklamirkan prodak mereka lebih baik dan tahan oleh serangan berbahaya dalam jaringan dengan keamanan yang tinggi.

Ketika mode KNOX diaktifkan maka ponsel hanya dapat menggunakan aplikasi tertentu saja yang dapat digunakan, anda bisa mengkategorikan aplikasi mana yang dapat dipakai misalkan : Camera, Galery, Download, Email, File Explorer, Kontak, Internet dan Kalender. Meski demikian, anda tidak dapat menggunakan aplikasi pihak ketika yang bukan dari bawaan handphone misalkan UC Browser, Opera Mini, Play Store dan lain sebagainya. Sistem ini mampu mengindikasikan aplikasi apa saja yang dirasa memaksakan akses mencurigakan pada boot sektor maupun sistem daripada handphone. Selain itu KNOX apabila dalam kondisi aktif maka perangkat memiliki daya kerja yang bagus pada angka dan juga logika, hal ini tentunya menguntungkan untuk anda yang bekerja sebagai karyawan.

Knox berusaha memproteksi perangkat anda agar tetap aman dan dalam kondisi seperti garansi atau belum di bongkar pasang pada sistem perangkat. Ketika mode dinyalakan maka anda tidak diperkenankan untuk mengunduh aplikasi diluar dari sumber Knox, selain itu anda tidak diperbolehkan untuk mengambil screenshot layar perangkat pada saat mode aktif.

Anda tidak perlu khawati dalam hal aplikasi yang dapat anda gunakan, karena pihak samsung sudah menyediakan tempat khusus bagi anda untuk mendownload aplikasi yang anda inginkan pada sumber Samsung Knox Apps Store berikut ini :
  • Evernote
  • Dropbox
  • Box
  • Harmon
  • iAnnotatePDF
  • OfficeSuite 7 Pro
  • OfficeSuite Viewer
  • qPDF Notes
  • QuickSpell
  • TouchDown
  • Podio
  • Jorte Calendar
  • GoFormz

Kinerja Samsung KNOX


Ketika sistem ini diciptakan, ada beberapa yang diperkirakan oleh pihak samsung sebagai hal yang perlu diterapkan pada sistem ini ketika berjalan. Ada 3 kategori kinerja dari sistem Knox yang sudah didesain oleh samsung diantaranya adalah :

  1. Customized Secure Boot

  2. Adalah fungsi utama dari sistem Knox untuk memberi perlindungan perangkat dari penggunaan aplikasi yang mengancam keamanan, dengan adanya fungsi ini maka pengguna hanya diperkenankan untuk dapat menggunakan aplikasi yang diizinkan saja. Aplikasi pihak ketiga tidak diizinkan bahkan sampai screenshot.

    Meski demikian, anda masih dapat menggunakan aplikasi dari lingkup Knox Store untuk menikmati jenis aplikasi yang lain.


  3. TrustZone-based Integrity Measurement Architecture (TIMA)

  4. Adalah sebuah fungsi yang bertindak sebagai eksekutor akhir ketika perangkat benar-benar sudah diancam oleh virus atau aplikasi yang dapat membahayakan sistem perangkat, jika tidak ada ancaman maka peranan yang dilakukan dari fungsi ini hanya mengawasi kernel sistem dan memastikan kalau perangkat bekerja dengan semestinya. Hingga terdapat malfungsi yang masuk, maka fungsi ini akan mematikan sistem dan perangkat.


  5. Security Enhancements for Android.

  6. Fungsi ini berfungsi untuk menyimpan data anda secara terpisah agar terhindar karena dijauhkan dari jangkauan aplikasi atau semua jenis serangan berbahaya baik itu dari malware atau hacker yang berusaha merusak data anda.

    Dengan ada ruang simpan isolasi file khusus untuk anda maka hal ini akan menghindarkan terjadi kerusakan pada file anda ketika serangan terjadi. Sehingga data anda dapat dipastkan baik-baik saja.


Kesimpulan :

Jadi kesimpulan yang bisa kita dapatkan yakni Samsung Knox didesain khusus untuk keperluan bisnis dan juga keamanan pada sektor jaringan publik seperti kantor dan wifi umum. Sistem ini diciptakan untuk menangkal aplikasi atau serangan yang dirasa tidak perlu untuk sistem dan mengancam keamanan sehingga ponsel akan tetap berada pada lingdungan kawasan Knox.
Namun menurut admin, jenis sistem ini paling cocok diterapkan bagi perangkat yang masih dalam keadaan garansi dan belum di root. Apabila anda mencoba menanamkan sistem ini pada perangkat yang di root maka dapat dipastikan aplikasi yang akan anda gunakan akan Berhenti atau Force Close. Selain itu bagi anda yang suka dengan hal yang menantang nyali seperti Cheat atau penggunaan aplikasi curang lainnya serta rajin mengoprek perangkat dengan berbagai Custom ROM maka sistem ini dirasa sangat tidak admin anjurkan untuk anda gunakan.
Untuk karyawan, pekerja, pemerintah dan orang awam tentunya sistem ini cocok untuk mereka agar aman(safe) dan terjamin.


Artikel terkait :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Samsung KNOX : Pengertian, Fungsi Dan Kinerjanya Samsung Knox Lengkap.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Samsung KNOX : Pengertian, Fungsi Dan Kinerjanya Samsung Knox Lengkap.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • samsung knox root
  • samsung knox sdk
  • samsung knox alternative
  • samsung knox configure
  • samsung knox counter reset
  • samsung knox deployment apk
  • samsung knox encryption
  • samsung knox features
  • samsung knox equivalent
  • samsung knox intune
  • samsung knox kiosk mode
  • samsung knox mode
  • samsung knox portal account
  • samsung knox platform




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments