Sunday, December 9, 2018

Server Web : Pengertian, Protokol Dan Juga Sejarahnya Lengkap

Server Web : Pengertian, Protokol Dan Juga Sejarahnya Lengkap




Server Web : Pengertian, Protokol Dan Juga Sejarahnya Lengkap - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sobat pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya server website, fungsi ini digunakan ke dalam sebuah perangkat untuk keperluan banyak pengguna di dalam internet. Tanpa adanya layanan ini maka kalian semua pastinya tidak bisa mengakses sebuah website menggunakan perangkat seluler kalian. Akan tetapi tahukah kalian tentang pengertian dari layanan ini dan juga sejarah terbentuknya fungsi dan layanan di dalam internet ini ?

Mungkin sudah banyak yang mengetahui, akan tetapi juga banyak pengguna internet yang belum mengenal istilah dari layanan ini.

Apakah Definisi dari Web Server ?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya lebih lengkap,

Web Server - Merupakan salah satu layanan di internet yang berguna untuk memudahkan pengguna dalam hal komuniksi dengan orang lain, selain komunikasi pengguna internet juga bisa memuat artikel mereka secara online akan tetapi di zaman yang modern ini web server difungsikan untuk membangun bisnis mereka. Web server dapat diakses dengan mudah melalui port " 80 " dengan perantara prambanan browser, sedangkan browser sendiri juga bisa didapatkan dengan mudah di dalam internet ataupun apps store.

Fungsi utama dari Web Server adalah untuk mentransfer berkas file atas permintaan pengguna yang mengakses melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS, berkas tersebut biasanya berisi berbagai konten mulai dari teks, gambar, video, musik, game dan lain sebagainya. Berkas tersebut akan tampil dan dapat diakses melalui browser, nah tampilan berkas tersebut dikenal dengan istilah halaman website.

Web Server memiliki DNS yang memiliki tugas yang tak kalah penting yaitu untuk mentranslatekan ip address ke dalam alamat yang mudah diingat agar mudah diingat oleh pengunjung ketik mereka hendak mengakses situs atau alamat yang dimaksud. Pengaksesan dapat dilakukan melalui pihak ketiga prambanan web browser, ketika mengakses halaman maka browser akan meminta data berkas kepada web server untuk diakses menggunakan browser dan internet.

Zaman ini berbagai browser sudah dilengkapi dengan kemampuan yang mumpuni untuk mengakses beberapa jenis berkas file pemrograman yang dapat mendukung kinerja sebuah halaman, bisanya untuk perpustakaan atau toko online yang canggih maka menggunakan script PHP, ASP, CSS dan juga Javascript.

Selain difungsikan untuk mengakses berkas dan juga halaman, Web Server juga ditujukan untuk keperluan yang lain tak hanya World Wide Web saja. Karena perangkat selain laptop dan smartphone perangkat yang juga menggunakan web server adalah printer, router, kamera web dan beberapa layanan jaringan lokal lainnya yang biasanya digunakan untuk jaringan ataupun sekedar memeriksa peninjauan perangkat keras tersebut.


Sejarah Web Server


Pada tahun 1989, Tim Berners-Lee mangajukan studi kepada perusahaan CERN(European Organization for Nuclear Research) yang ditujukan untuk mempermudah pertukaran informasi antara para peneliti lainnya dengan menggunakan metode sistem hyper teks di dalam browser. Atas studi tersebut Berners-Lee mencoba untuk mempraktekkan atau mengimplementasikan proyek ini untuk direalisasikan menjadi dua program komputer yang berbeda berikut ini :
  • WWW(World Wide Web).
  • CERN HTTPS(Server pertama kali didunia) dan berjalan pada NeXTSTEP.

Pada tahun 1991, kedua hasil studi layanan yang semula nya dimanfaatkan untuk hubungan tukar informasi antara peneliti satu dengan yang lainnya akhirnya dapat dimanfaatkan oleh semua orang maupun individu pada sebuah perangkat mereka, kemudian terus dikembangkan hingga dipakai untuk lingkungan industri dan juga bisnis.

Sesaat pada tahun 1994, Tim Berners-Lee memutuskan untuk membekukan organisasi World Web Wide Consortium (W3C) untuk mengatur perkembangan lanjutan atas teknologi terkait lainnya yang berjalan pada protokol yang dipakai untuk mengakses script pendukung halaman website(HTML, HTTP dan lain sebagainya).


Artikel terkait :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Server Web : Pengertian, Protokol Dan Juga Sejarahnya Lengkap.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Server Web : Pengertian, Protokol Dan Juga Sejarahnya Lengkap.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments