Thursday, January 3, 2019

11 Kesalahan Pelanggaran Umum Yang Lengkap Dan Bisa Menyebabkan Akun Google Adsense Anda Dibanned

11 Kesalahan Pelanggaran Umum Yang Lengkap Dan Bisa Menyebabkan Akun Google Adsense Anda Dibanned




11 Kesalahan Pelanggaran Umum Yang Lengkap Dan Bisa Menyebabkan Akun Google Adsense Anda Dibanned - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sobat tahukah salah satu penyedia iklan yang membayar ? Google adsense merupakan salah satu produk google yang memanfaatkan para kontributor konten seperti youtuber dan blogger untuk bergabung bersama mereka mempromosikan iklan yang sedang diiklankan oleh advertisert seperti Lazada, Bukalapak, Xiaomi phone, Apple hingga GoJek. Jika kalian pernah melihat banner iklan di dalam sebuah website atau pada video di youtube maka itulah iklan yang saya maksud. Dari klik iklan oleh pengunjung tersebutlah para kontributor bisa mendapatkan pembayaran mereka dari google.

Namun, kontributor awam atau pemula mungkin belum mengetahui kebijakan yang sudah tertulis dalam bahasa inggris. Jika mereka melanggar biasanya mereka akan mendapatkan hukuman penalti selama satu bulan hingga permanen, hukuman tersebut biasanya memiliki dampak kepada akun kontributor atau publisher.

Banyak yang tidak sadar melakukan pelanggaran yang sebenarnya mereka tidak pahami bahwa itu merupakan kebijakan Google dalam melindungi perputaran uang antara Advertisert - Google - Publisher.

Bagi anda yang merupakan pemain baru Google Adsense (Youtuber atau Blogger), maka artikel ini sangat cocok untuk anda pahami agar suatu saat anda tidak mengalami hal yang seperti saya deskripsikan di atas yang bisa menyebabkan akun anda dalam keadaan berbahaya bagi Google.

Apa sajakah Kesalahan Yang Bisa Menyebabkan Akun Google Adsense Anda Dibanned ?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya lebih lengkap,

Banned - Merupakan salah satu hal yang paling ditakuti oleh publisher, akan tetapi apabila anda tidak memiliki niatan buruk untuk bekerja di google adsense maka anda tidak perlu khawatir. Yang perlu anda lakukan adalah mengetahui berbagai kesalahan yang bisa memicu pembanned an akun milik anda. Meninjau dari cara mendapatkan akun yang teramat sulit maka tentunya anda tidak menginginkan hal itu terjadi bukan ?

Berikut ini merupakan berbagai kesalahan yang dapat mengakibatkan akun anda di benned :


1. Invalid Click


Kesalahan ini merupakan kesalahan yang sangat fatal, karena apabila kesalahan ini terjadi maka akan membahayakan kelangsungan advertisert atau pengiklan. Saldo iklan mereka akan tersedot dengan sangat cepat, akan tetapi mereka tidak mendapatkan keuntungan dikarenakan klik yang didapatkan bukan dari klik yang alami alias disengaja dan hal itu tetap dibebankan biaya kepada mereka. Hal ini merupakan kerugian yang nyata, maka tak heran apabila google bertindak tegas terhadap siapapun partner mereka yang bekerja tidak secara profesional.

Namun fatal, hal ini paling umum dialami oleh para pekerja google karena banyak sekali orang yang iseng ataupun tidak sedang kepada anda.

Saran yang baik dari saya yakni jangan pernah jahat ataupun menyombongkan diri kepada orang lain, karena hal itu bisa mendatangkan keburukan tersebut.


2. Memasang Pada Website Berbahasa Tidak Terdaftar


Bahasa konten merupakan hal yang sangat penting untuk mengklasifikasikan jenis website yang anda dirikan. Selain itu, dengan bahasa konten maka website anda bisa bersaing pada negara tertentu sesuai dengan bahasa yang dibahas didalam website buatan sobat.

Jika bahasa yang digunakan tidak dimengerti, maka google tidak dapat mengawasi ataupun menggolongkan jenis website milik anda termasuk kategori aman ataupun tidak.

Pilihan yang akan diambil oleh pihak google adalah menumbangkan akun anda karena bisa mempengaruhi kinerja dan kelangsungan dunia pengiklanan pada google. Salah satu kebijakan Google Adsense ialah tidak mengizinkan bahasa yang tidak dimengerti karyawan google.

Bahasa yang disetujui biasanya merupakan bahasa yang umum digunakan oleh berbagai negara, bukan bahasa daerah ataupun kelompok tertentu.


3. Memasangnya Pada Pesan Elektronik Email


Banner iklan dibuat dengan bahasa hypertext yang dapat berjalan didalam internet, selain itu Elektronik Mail juga mampu menjalankan pesan yang didesain dengan bahasa pemrograman Website seperti banner. Hal ini menjadi viral dan Google menanggapi tren ini pada waktu itu bahwa hal tersebut adalah pelanggaran.


4. Saran Klik Tidak Lazim


Google merupakan perusahaan profesional yang tidak menghendaki cara-cara yang tidak semestinya yang dapat merugikan customernya. Dengan menyuruh para pengunjung untuk dapat mengeklik iklan mereka agar mendapatkan keuntungan yang cepat merupakan salah satu pelanggaran yang dapat merugikan pihak Google dan Advertisert. Karena, selain iklan di klik tidak tepat sasaran juga biaya kampanye cepat habis.

Contoh saran klik biasanya adalah : Klik Disini, Dibawah ini untuk melihatnya, Berikut ini adalah... dan lain sebagainya.


5. Mengizinkan Jenis Iklan Lain


Sama seperti anda, apa yang akan anda lakukan apabila pasangan anda memiliki seseorang yang lain didalam kehidupannya. Mungkin anda tidak akan suka dan anda pastinya akan meninggalkannya dengan orang lain tersebut.

Hal ini sudah menjadi kebijakan yang baku, namun saya masih saja menemui publisher yang tetap melanggar hal ini. Memang pada saat itu tidak dibenned, akan tetapi perlu diyakini bahwa google akan memantau setiap publishernya sepanjang waktu. Apabila ditemukan pelanggaran ini maka google akan bertindak tegas karena mencampur arus lalu lintas iklan dengan jenis iklan lain didalam websitenya.

Apabila sobat sekarang melanggar pelanggaran nomor 5 ini namun sobat tidak dibanned, maka sobat musti berhati-hati ketika traffic sobat meningkat, karena apabila traffic meningkat maka besar kemungkinan sobat akan diperiksa kelayakannya setiap saat guna meneliti kelayakan operasi iklan.


6. Mengganti Kode Iklan


Kode iklan pada umumnya difungsikan untuk ditempatkan ke halaman website milik kita, jenis bahasa kode yang dipakai yakni kombinasi antara Javascript dan juga HTML. Nah pelanggaran dapat dilakukan dengan cara mengganti atau menambahi kode agar terkesan menarik untuk di klik pengunjung. Pelanggaran ini mirip dengan pelanggaran nomor 4 yang menginginkan agar pengunjung mengeklik iklan mereka, hanya saja pelanggaran nomor 6 ini disematkan pada kodenya secara langsung. Sehingga hal ini tetap akan terdeteksi dari segi tampilan website jika sedang dikunjungi.


7. Konten Hak Cipta


Didalam sebuah internet, hak cipta merupakan sebuah aset berharga bagi pembuat atau pemegang hak sah sebuah konten. Hak cipta dapat terlahir dari konten gambar, video, lagu, aplikasi atau permainan yang sebelumnya sudah didaftarkan hak patennya oleh perancang alias pembuatnya. Sehingga siapapun tidak boleh mengklaim hal itu sebagai miliknya.

Google pun menghargai dan menghormati budaya internet tersebut sehingga mereka menerapkan larangan jenis konten hak cipta terpampang kedalam halaman website bersama dengan iklan Google.

Hak cipta tersebut sudah dilindungi hukum, sehingga tidak ada satupun yang boleh mengklaim konten mereka.

Apabila sobat seorang pekerja google, maka sobat harus memiliki skill atau kemampuan untuk membuat sebuah karya baik itu video, gambar, lagu atau bahkan permainan dan juga aplikasi. Hal ini bukan lain untuk menghindari anda dari pembanned an akun oleh Google.


8. Terdapat Link Ke Halaman/Website Melanggar


Meskipun konten anda tidak melanggar kebijakan, apabila anda memiliki keterkaitan dengan website lain yang mengandung konten terlarang maka hal tersebut sama saja kondisi anda sedang berada pada kesalahan no. 7. Karena google setiap waktu akan menelusuri pekerja mereka dan akan menumbangkan akun mereka apabila mereka memiliki keterkaitan kerjasama dengan website lain yang mengandung konten yang terlarang diantaranya adalah :
  1. Konten hak cipta.
  2. Konten tentang kekerasan.
  3. Konten dewasa.
  4. Konten rasis.
  5. Cracking atau hacking.
  6. Perjudian atau kasino 
  7. Website yang menjual obat-obat terlarang.
  8. Website yang menjual senjata api atau amunisi.
  9. Kunci jawaban dari kursus tertentu.
  10. Dan masih banyak lagi yang lainnya.


9. Paid Traffic


Traffic merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh pekerja google, semakin tinggi pengunjung mereka maka akan semakin besar peluang iklan mereka akan terklik. Namun, goole paling menyukai jenis visitor alami yang dihasilkan dari sistem pencarian online seperti Google, Yahoo ataupun Bing.

Meski sangat pentingnya traffic bagi anda, bukan berarti anda diperbolehkan untuk mendapatkan uang dengan cara menyewa pengunjung.

Penyewaan kunjungan paling sering dipakai yakni Instagram dan juga Facebook Ads. Hal tersebut bukan dihasilkan dengan cara yang alami maka hal tersebut bisa menyebabkan akun anda segera di banned apabila trik anda menyewa kunjungan ketahuan oleh pihak google.


10. Meletakan Pada Halaman Tidak Memiliki Konten


Salah satu syarat utama yang harus dilakukan oleh pekerja google yaitu meletakkan iklan yang sudah mereka miliki ke dalam artikel atau halaman yang terdapat konten yang bermanfaat dan tidak melanggar. Halaman tanpa konten dianggar oleh google sebagai halaman yang kosong dan tidak memiliki manfaat apapun.

Halaman kosong yang dimaksud biasanya adalah :
  • Halaman Not Found 404.
  • Halaman Login.
  • Halaman Contact Us.
  • Halaman Thank You.
  • Halaman Sign Out.
  • Dan halaman lainnya yang tidak memiliki konten memadai dan juga relevan.

Jika didalam halaman anda memiliki video saja, meski didalam video terdapat pengetahuan yang cukup lengkap akan tetapi google tidak menghendaki hal itu. Google memberikan saran terbaik untuk anda agar menjelaskan deskripsi dari video tersebut baik itu durasi, pemeran, ukuran video, bahasa didalam video dan lain sebagainya yang cukup menjelaskan deskripsi dari video tersebut.


11. Menempatkan Iklan Melayang


Pop-Up atau iklan melayang merupakan salah satu jenis pelanggaran yang dilarang oleh pihak google karena hal ini memaksakan pengunjung untuk melihat dan juga mengklik iklan mereka dengan cara mendorong iklan semakin keatas di layar perangkat pengunjung. Hal ini tentunya penayangan yang tidak sehat.

Selain itu, iklan melayang kategori bukan pop-up juga melanggar apabila cara penampilannya dipaksakan menjadi terdepan atau teratas meski halaman dalam keadaan di scroll kebawah. Trik ini yang tidak memakai pop-up namun selalu tetap terlihat adalah Sticky Ads.

Sticky Ads akan tetap melayang didalam layar meski anda men-scroll keatas dan juga kebawah. Hal ini juga tetap pelanggaran, karena cara pengiklanan yang tidak sehat.

Itulah berbagai kesalahan umum yang biasanya dilakukan oleh pekerja google adsense yang bisa menyebabkan akun google adsense mereka di banned.



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan 11 Kesalahan Pelanggaran Umum Yang Lengkap Dan Bisa Menyebabkan Akun Google Adsense Anda Dibanned.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang 11 Kesalahan Pelanggaran Umum Yang Lengkap Dan Bisa Menyebabkan Akun Google Adsense Anda Dibanned.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments