Sunday, January 13, 2019

Mail Server : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Komponen Dan Kinerjanya Lengkap

Mail Server : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Komponen Dan Kinerjanya Lengkap




Mail Server : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Komponen Dan Kinerjanya Lengkap - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sobat mungkin pernah mendengar istilah mail server bukan ? akan tetapi, tahukah kalian apa yang dimaksud dari mail server ?

E-mail merupakan pemangkasan kata yang didapat dari bahasa inggris yakni " Electronic Mail " Selain kita pengguna email, lebih baiknya kita juga mengetahui apa itu yang dimaksud dengan mail server. Sehingga pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengetahuan mail server secara mendetai dan lengkap mulai dari pengertiannya, fungsinnya hingga bagaimana cara kerja mail server itu sendiri.

Seperti apakah itu Mail Server ?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya lebih lengkap,

Mail Server - Merupakan kombinasi antara hardware dan software yang memiliki fungsi untuk dijadikan sarana bertukar komunikasi pesan atau istilah teknologinya adalah transmisi data. Dengan menggunakan aplikasi khusus untuk mengirim pesan email maka kita bisa berkomunikasi dengan pengguna email yang lain dengan menggunakan alamat tertentu sesuai layanan mail server yang digunakan.

Mail server dapat memberikan layanan untuk pengiriman pesan kepada pengguna yang lain dan juga layanan penerimaan pesan dari pengguna yang lain, selain itu hal ini dapat dengan mudah dilakukan karena bisa berjalan di dalam internet secara cepat dan mudah. Proses transaksi tidak diproses oleh manusia, namun proses transaksi di handle oleh server yang memiliki sistem kecerdasan komputasi sehingga tak heran apabila kinerja nya sangat cepat dan memudahkan manusia pada saat menggunakannya. Meski sistem berjalan secara otomatis, bukan berarti sistem tidak akan mengalami kerusakan pada waktu tertentu saat sistem sedang bekerja. Maka masih tetap dibutuhkan manusia untuk memantau proses kinerja server untuk menghindari kerusakan sewaktu-waktu yang bisa timbul dari internal seperti korsleting ataupun dari luar seperti serangan hacker.


Fungsi Mail Server


Mail server memili dua fungsi yang bisa digunakan oleh manusia pada saat mereka ingin berkomunikasi dengan pengguna yang lain. Fungsi pertama digunakan untuk mengirim pesan kepada pengguna lainnya melalui jaringan yang akan mengkoneksikan dirinya kedalam server untuk memproses permintaan berupa pesan berkonten yang akan dikirim kepada seseorang pengguna lainnya. Sedangkan fungsi kedua memiliki fungsi untuk menerima pesan yang dikirimkan oleh orang lain kepada anda melalui alamat khusus jalur milik anda, anda akan melihat laporan pada saat pengirim mengirimkan pesan kepada anda berupa waktu, nama pengirim(alamat), judul, isi pesan dan lain sebagainya.

Untuk saat ini, Aplikasi khusus untuk komunikasi via email sudah didesain mudah digunakan dengan memiliki fitur dan juga tombol yang tidak menyulitkan pada saat sedang digunakan. Tanpa adanya aplikasi email mungkin anda akan kerepotan ketika ingin berkomunikasi dengan orang lain secara aman. Keamanan yang ditawarkan juga bukan main-main, keamanan meliputi : password, otentikasi nomor handphone, verifikasi KTP Identitas, Otentikasi hardware(perangkat) login dan lain sebagainya yang bisa membuat pengguna merasa aman karena merekalah pengguna utama yang bisa mengakses akun mereka sendiri tanpa adanya gangguan oleh orang lain yang ikut menggunakan Email anda dikarenakan keamanan yang ketat.


Cara Kerja Mail Server


Setelah sobat sudah memahami betul fungsi dari mail server maka kita akan mempelajari tentang cara kerja mail server. Seperti yang sudah saya jelaskan diawal artikel bahwa mail server memiliki dua fungsi yang berbeda namun dapat digunakan pada waktu yang sama, fungsi tersebut adalah pengiriman dan penerimaan pesan.

Awal mulanya pesan dibuat oleh si pengirim, setelah pesan dirasa sudah rampung baik itu tulisan, dokumen, gambar dan konten lainnya maka pesan siap untuk dikirim berdasarkan alamat tujuan. Alamat tujuan pada umumnya hanya ada satu di dalam server, sehingga alamat tujuan tentunya unik dan berbeda dari keseluruhan email yang juga sama terdaftar.

Saat pesan dikirim, email akan berubah menjadi sebuah file temp yang tersimpan didalam server sebelum benar-benar didistribusikan kepada penerima. Kemudian server akan menulis laporan pada pesan tersebut untuk di beri label informasi (pengirim, waktu, ukuran dokumen, jenis dokumen, judul dan lain sebagainya). Setelah file sudah siap, maka file akan dikirim kepada alamat penerima melalui jalur port pengiriman.

Pengirim dapat membuat pesannya melalui browser atau aplikasi khusus, begitupula dengan penerima yang bisa memakai browser dan aplikasi khusus untuk memeriksa pesan yang masuk ke dalam alamat email pribadinya. Sampai disini proses transaksi email sudah terjadi dan berhasil dilakukan, namun tahukah anda apa saja yang bisa menyebabkan fungsi mail server dapat bekerja secara baik ?

Berikut ini merupakan komponen yang dimiliki server sehingga mereka bisa mengerjakan proses sedemikian rupa sehingga terjadilah komunikasi antara penerima dengan pengirim melalui server.


Komponen Mail Server


Sebuah komponen merupakan alat yang ada di dalam server untuk melakukan pekerjaan tertentu yang di tugas kan untuknya, mereka terus bekerja realtime 24 jam untuk menangani seluruh transaksi berbagai pengguna mail server pada hari yang sama secara tepat melalui jaringan. Berikut ini merupakan komponennya :

  • MUA (Mail User Agent) - Adalah komponen yang berinteraksi pada pengguna baik itu penerima ataupun pengirim di dalam perangkat mereka, fungsi ini ditanamkan kebanyakan berada di dalam aplikasi khusus untuk media pengiriman dan penerimaan pesan elektronik email. Fungsinya adalah untuk membuat compose bagi penerima, dan melihat isi pesan bagi penerima. Contohnya adalah beragam aplikasi seperti : Gmail, Yahoo, Outlook, Webmail, Hotmail dan lain sebagainya.

  • MTA (Mail Transport Agent - Memiliki fungsi untuk route penerimaan email, lebih spesifik nya yaitu ketika pengirim mengirimkan pesan ke dalam server dengan memanfaatkan alamat email identitas milik anda maka komponen ini akan mengarahkan pesan tersebut kedalam perangkat atau akun email milik anda. Dengan adanya komponen ini maka pesan bisa didistribusikan kepada penerima sesuai dengan alamat sehingga pesan dapat dipastikan sampai kepada orang yang tepat dan tidak nyasar kepada penerima yang tidak sah. Contoh fungsi ini tergantung jenis layanan apa yang dipakai pada server tersebut. 

  • MDA (Mail Delivery Agent) - Merupakan sebuah komponen yang paling banyak bekerja secara real time karena ia memiliki dua fungsi yang juga mendukung 2 komponen di atas. Kedua komponen diantaranya merupakan database tempat pesan diletakan berdasarkan jalur yang diminta, sedangkan fungsi kedua yakni untuk menjalankan proses pengiriman kepada client. Contoh fungsi ini yakni sebuah server yang digunakan untuk transaksi seperti : Gmail, Yahoo, Hotmail dan lain sebagainya.


Kinerja Komponen Mail Server


Sebuah komponen bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing, pada server mail hal ini juga berlaku. Setiap komponen menempati fungsinya masing-masing, sehingga kinerja yang berlangsung tetap normal hingga sampai pada tujuan. Berikut ini merupakan kinerjanya :
  • Pertama, Pada saat pengirim menulis pesan maka proses compose dilakukan oleh MUA melalui aplikasi secara lokal melalui perangkat penggunaannya.
  • Kedua, Pada saat pengirim mengirimkan kompos kepada penerima maka protokol SMTP akan memproses data kepada server dengan menyimpannya kedalam database server sebelum diteruskan kepada alamat tujuan email. Setelah informasi sudah dibubuhkan seperti nama pengirim, alamat pengirim, waktu, judul dan lain sebagainya maka pesan akan diproses sesuai dengan alamat penerima yang dituju.
  • Ketiga, Saat pesan sudah diterima oleh penerima dan ketika penerima ingin membaca pesan di dalam inbox maka pengguna akan dibantu oleh port POP3 dan IMAP agar dapat mengakses Inbox atau pesan, namun sebelumnya komponen MDA local akan mengakses inbox dengan tujuan untuk peletakan pesan didalamnya. Ketika pesan sudah dibaca maka status pesan akan reading.



Artikel terkait :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Mail Server : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Komponen Dan Kinerjanya Lengkap.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Mail Server : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Komponen Dan Kinerjanya Lengkap.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments