Saturday, January 12, 2019

Mail Server : Pengertian, Port, Komponen, Cara Kerja, Jenis Dan Kelebihannya Lengkap

Mail Server : Pengertian, Port, Komponen, Cara Kerja, Jenis Dan Kelebihannya Lengkap




Mail Server : Pengertian, Port, Komponen, Cara Kerja, Jenis Dan Kelebihannya Lengkap - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sobat mungkin sudah tidak asing dengan istilah mail server selain itu juga sobat pastinya memiliki akun email pribadi bukan ? Ya, memang pasalnya di era ya modern ini E-mail sangat membantu kita dalam hal interaksi individu dengan lainnya secara elektronik tanpa menggunakan burung atau kantor pos saat anda ingin mengirimkan sebuah pesan tertulis. Hal ini tentunya lebih cepat, praktis dan juga ekonomis. Hal ini ditemukan pada mesin sistem server yang dapat menjalankan sebuah proses komunikasi menggunakan sebuah internet, berbicara tentang internet pada zaman ini sangat dimudahkan dan dapat anda miliki secara mudah karena harganya yang semakin murah tiap tahunnya.

Tidak sedikit manusia menggunakan Email setiap harinya mulai dari sosial media, komunikasi, media perantara pekerjaan dan lain sebagainya. Saking bagusnya teknologi ini dalam membantu manusia untuk berkomunikasi sampai-sampai service email server juga dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam hal pemasaran produk yang mereka pasarkan kepada berbagai pengguna internet yang menggunakan email. Mereka tidak memerlukan tenaga ekstra untuk mempromosikan barang mereka secara luas karena internet berjalan di atas awan, sehingga semua orang bisa melihatnya ketika mereka juga termasuk pengguna online email yang terdaftar nama email mereka kepada penerima pesan promosi.

Namun disini saya akan menjelaskan kepada anda sebenarnya apa sih itu Mail Server ? Sehingga anda bisa memahaminya tak hanya bertindak sebagai pengguna aktif di dalam internet saja.

Seperti apakah itu Mail Server ?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya lebih lengkap,

Mail Server - Pengertian dari Mail Server ialah sebuah perangkat server ataupun layanan internet yang berbasis awan dan digunakan untuk keperluan pengiriman dan juga penerimaan pesan text pada lingkup server yang sama. Mail server mampu mengirim data, mengolah data, mengumpulkan sebuah data, memperlihatkan informasi ataupun detail konten yang terlampir pada penerima. Untuk menggunakannya biasanya kita harus mendaftarkan diri kita kepada layanan mail server tersebut untuk mendapatkan alamat email milik kita sendiri yang nantinya memiliki fungsi sebagai identitas penerima ataupun pengirim seperti layaknya nama kita di dunia nyata yang memiliki fungsi untuk identitas ketika kita dipanggil seseorang ataupun memanggil seseorang.

Jika transaksi email tanpa tanpa menggunakan alamat maka yang terjadi iyalah pesan anda tidak akan sampai pada penerima yang anda harapkan, tak hanya itu saja mungkin lampiran atau pesan yang anda kirim akan bertabrakan dengan pesan pengguna yang lain ketika sedang diproses di dalam jaringan.

Metode yang dipakai oleh mail server yakni Client to Server, yang memiliki arti Client(pengguna) bisa menghubungi server untuk memproses data mereka.


Port Mail Server


Port merupakan sebuah socket yang ada pada hardware server yang memiliki fungsi untuk transmisi data dari klien kepada server, selain port perangkat ternyata jaringan juga memiliki port yang dapat diidentifikasikan menggunakan angka. Adapun protokol yang digunakan untuk pengiriman pesan secara online di dalam sebuah server ada 3 jenis diantaranya adalah SMTP, IMAP dan POP3. Berikut ini merupakan informasinya :
  • SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) digunakan sebagai standar untuk menampung dan mendistribusikan email.
  • POP3 (Post Oce Protocol V3) dan IMAP (Internet Mail Application Protocol) digunakan agar user dapat mengambil dan membaca email secara remote yaitu tidak perlu login ke dalam sistem shelll mesin mail server tetapi cukup menguhubungi port tertentu dengan mail client yang mengimplementasikan protocol POP3 dan IMAP.


Komponen Mail Server


Sebuah server agar dapat bekerja secara normal untuk menerima dan juga mengirim berkas maupun teks secara baik di dalam internet membutuhkan beberapa komponen penting untuk mendukung pengiriman juga penerimaan data. Komponen tersebut diantaranya adalah :

  • MUA (Mail User Agent)
Komponen MUA dapat membantu pengguna untuk menerima dan juga membaca keseluruhan isi dari pesan yang dikirim oleh pengirim, MUA mampu mengidentifikasi konten yang ada di dalam pesan pengirim yang sudah diterima oleh server. Jenis konten yang terkandung didalam pesan beranekaragam mulai dari video, gambar, animasi gambar atau gif, teks, hypertext dan lain sebagainya. MUA sudah dibekali kemampuan program MIME(Multipurpose Internet Mail Extension) yang berperan untuk mendeteksi jenis file yang ada di dalam konten pesan. Contoh fungsi ini merupakan aplikasi pihak ketika untuk membaca pesan yakni : web browser, outlook, thunderbird dan lain sebagainya.

  • MTA (Mail Transport Agent)
Sedangkan MTA memiliki fungsi untuk route penerimaan email, lebih spesifik nya yaitu ketika pengirim mengirimkan pesan ke dalam server dengan memanfaatkan alamat email identitas milik anda maka komponen ini akan mengarahkan pesan tersebut kedalam perangkat atau akun email milik anda. Dengan adanya komponen ini maka pesan bisa didistribusikan kepada penerima sesuai dengan alamat sehingga pesan dapat dipastikan sampai kepada orang yang tepat dan tidak nyasar kepada penerima yang tidak sah. Contoh fungsi ini yakni sebuah server yang digunakan untuk transaksi seperti : Gmail, Yahoo, Hotmail dan lain sebagainya.

  • MDA (Mail Delivery Agent)
Merupakan sebuah komponen yang paling banyak bekerja secara real time karena ia memiliki dua fungsi yang juga mendukung 2 komponen di atas. Kedua komponen diantaranya merupakan database tempat pesan diletakan berdasarkan jalur yang diminta, sedangkan fungsi kedua yakni untuk menjalankan proses pengiriman kepada client. Contoh fungsi ini tergantung jenis layanan apa yang dipakai pada server tersebut.


Cara Kerja Mail Server


Didalam mail server memiliki 3 komponen berbeda yang sudah saya jelaskan di atas akan tetapi proses yang dijalani hanyalah 2 proses yakni outgoing server(untuk pengiriman) dan satunya adalah income server(penerimaan). Pada outoing server, proses transmisi data dikerjakan melalui port SMTP dengan digit port " 25 " melalui jaringan, sedangkan untuk income server diproses menggunakan IMAP dengan port amannya yakni " 143 " dan POP3 pada port standard " 110 ". Didalam server saat fungsi dijalankan maka port akan terbuka untuk jalur akses dan akan tertutup ketika fungsi pengiriman atau penerimaan sudah dilakukan.

Secara dasar, fungsi mail server sudah dapat digunakan dengan sederhana yakni memiliki plugin pada linux untuk mengakses port untuk menjalankan fungsi mail server. Meski dalam bentuk CLI(Command Line Interfaces) akan tetapi fungsi mail dapat digunakan, jika anda tidak suka dengan keadaan ini maka pada operasi sistem windows anda bisa memakai aplikasi yang berguna untuk transaksi pesan pada mail server, aplikasi tersebut bisa transaksi pesan secara online kepada server dengan menggunakan akun E-mail anda.

Ketika pesan dikirim oleh pengirim, maka pesan akan diproses dan dimasukkan ke dalam database mail server yang dimanagement oleh MDA. Setelah data tersimpan maka MDA akan melanjutkannya untuk dikirim kepada tujuan penerima, selain itu waktu dan asal pengirim juga tercatat sebagai bukti transaksi mail server.


Jenis Mail server


Mail server sama seperti perkembangan zaman, yaitu salah satu teknologi buatan manusia yang memanfaatkan kecerdasan perangkat keras di bidang teknologi untuk menangani tugas yang dibutuhkan manusia dalam hal transaksi kirim mengirim pesan atau surat secara online melalui server atau awan. Perkembangan tersebut menimbulkan beragam jenis dan juga kemampuan yang tentunya didesain berbeda satu dengan yang lainnya, akan tetapi dari segala perbedaan tersebut memiliki satu fungsi yang sama yaitu untuk menangani kirim pengiriman surat secara online.

Berikut ini merupakan jenis-jenis dari mail server yang bisa anda ketahui diantaranya adalah :

  • Sendmail
Jenis ini merupakan sistem mail server yang paling tua dan standar, meski tergolong tidak baru akan tetapi fungsi di dalamnya masih original dan mampu menerapkan apa yang seharusnya dapat dilakukan oleh mail server.

  • Postfix
Postfix merupakan perkembangan dari jenis mail server diatas, jenis ini memiliki berbagai kemudahan dan juga fitur yang menarik untuk disuguhkan kepada pengguna akan tetapi jenis ini masih memiliki celah yang dapat di terobos oleh hacker.

  • Qmail
Merupakan teknologi mail terbaru yang dipercaya memiliki keamanan yang cukup tinggi karena didalam sistemnya hampir tidak memiliki sedikit celah yang dapat ditemukan dengan mudah. Jenis Qmail juga sudah dimanfaatkan banyak vendor atau penyedia layanan email terkemuka didunia seperti Yahoo dan Gmail.


Kelebihan Penggunaan Mail Server


Sebagai manusia yang dalam kehidupannya selalu dituntut untuk melakukan komunikasi dengan manusia yang lain ketika sedang menjalani kehidupan baik itu dalam hal pekerjaan, pendidikan, sosial ataupun sekedar sarana informatif saja. Maka mail server hadir membantu anda dalam hal kirim-mengirim pesan secara mudah, cepat, selain itu anda bisa melakukan dengan mudah di manapun anda berada dan kapanpun.

  1. Memudahkan Manusia

  2. Kemudahan merupakan adalah hal yang sangat prioritas paling pertama dalam hal menjalani kegiatan apapun. Karena apabila yang anda dapati kesulitan meskipun anda membayar sangat murah pastinya anda tetap akan memilih kemudahan yang sedikit mahal. Sedangkan mail server dapat anda lakukan dengan mudah hanya bermodalkan kuota internet dan juga perangkat elektronik seperti seluler atau komputer sehingga anda tidak memerlukan burung ataupun pos surat yang mungkin bisa memakan waktu hingga berhari-hari untuk sampai kepada penerima.

  3. Lebih Cepat Dan Efisien

  4. Metode penggunaan server awan(cloud) dengan perangkat elektronik yang terkoneksi kedalam internet sehingga bisa diakses oleh pengguna melalui jalur internet yang sama maka hal tersebut bisa diproses secepat kilat sehingga tidak membutuhkan banyak waktu untuk sampai kepada penerima.

  5. Mudah Penggunaanya

  6. Selain memudahkan manusia dalam hal kirim mengirim pesan kepada orang lain, ternyata mail server sangat mudah digunakan oleh siapa pun begitu anak-anak hingga orang dewasa pasalnya sekarang mel server sudah dikembangkan sehingga pada penampilan yang menarik dan mudah dimengerti oleh semua orang sehingga tak heran apabila mudah untuk digunakan.

    Fungsi mail pada aplikasi sudah didesain menggunakan tombol, kolom, attachment file dan fitur penyimpanan inbox juga draft. Selain itu anda juga bisa menghapus berbagai pesan secara cepat dan mudah pada suatu waktu yang sama.

  7. Lebih Aman

  8. Mail server tentunya lebih aman dibandingkan dengan pengiriman manual melalui pos surat, jika anda menggunakan pengiriman manual pos mungkin surat atau tulisan anda bisa saja diterima oleh orang lain kemudian tulisan anda dibaca oleh penerima yang bukan anda kehendaki.

    Sedangkan apabila menggunakan mail server, penerima yang dapat membaca pesan anda yakni pengguna yang mengetahui username atau alamat email beserta password untuk login untuk membuka pesan, sehingga hal ini bisa mencegah seseorang yang bukan berhak membaca tersebut membaca pesan yang anda tujukan kepada pengirim.

    Lebih amannya lagi, mail server pada pihak ketiga sudah memberikan proteksi yang sangat mumpuni dari segi verifikasi identitas, nomor telepon pengguna, kode otentikasi login dan lain sebagainya yang mungkin tidak anda bayangkan akan diterapkan di tahun mendatang oleh para pakar pengembang mail server.


Artikel terkait :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Mail Server : Pengertian, Port, Komponen, Cara Kerja, Jenis Dan Kelebihannya Lengkap.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Mail Server : Pengertian, Port, Komponen, Cara Kerja, Jenis Dan Kelebihannya Lengkap.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments