Monday, January 14, 2019

Mail Server : Pengertian, Protocol, Fungsi Dan Kinerjanya Lengkap

Mail Server : Pengertian, Protocol, Fungsi Dan Kinerjanya Lengkap




Mail Server : Pengertian, Protocol, Fungsi Dan Kinerjanya Lengkap - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sobat mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah E-mail, karena pasalnya berbagai kegiatan online di internet pastinya membutuhkan sebuah email untuk menampung informasi layanan dan pesan untuk berkomunikasi antara pengguna dengan administrator website atau customer service. Tahukah anda ? meski banyak yang menggunakan Email, akan tetapi sebagian dari mereka belum mengetahui tentang server email berdasarkan kinerja dan juga fungsinya.

Oleh karena itu, disini kami akan memberikan beberapa pengetahuan tentang mail server untuk anda agar anda bisa mengetahui tentang informasi yang terkait sehingga sobat bukan hanya menjadi pengguna yang aktif namun juga menjadi pengguna yang cerdas.

Lalu, seperti apakah itu mail server ?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya lebih lengkap,

Mail Server - Merupakan terobosan terbaru di dunia yang memiliki fungsi untuk membantu para penggunanya dalam hal komunikasi secara bebas melalui internet, tak hanya komunikasi berbasis teks saja namun email juga ternyata sudah dibekali dengan kemampuan untuk mencantumkan gambar, berkas maupun dokumen sistem. Mail server didirikan atau berjalan diatas awan dan dapat digunakan melalui media elektronik dengan berbekal koneksi internet untuk menjalankan proses yang ada di dalam server.

Server sendiri didirikan dalam bentuk hardware dan dirawat oleh master server, tugasnya adalah untuk membenahi berbagai fungsi yang mungkin saja bisa error setiap waktunya. Selain itu, mereka juga bisa menerima kendala dari penggunaannya untuk menambah informasi yang mungkin dapat diketahui oleh pengguna yang akan dilaporkan.


Protocol Mail Server


Server memiliki protokol yang bekerja atau berjalan di dalam server untuk menangani berbagai proses yang diminta oleh pengguna dalam hal berkomunikasi dengan pengguna yang lainnya. Protokol akan memproses, membuat, menghapus dan mengirim sebuah proses melalui jaringan internet secara cepat.

Ada 3 jenis protocol yang berbeda di dalam server dengan kemampuan yang berbeda pula, berikut ini merupakan tiga jenis protokol yang ada di dalam mail server :
  • SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) - Protokol yang memiliki fungsi untuk menampung dan juga mendistribusikan pesan email dari pengirim kepada penerima melalui server secara langsung. Nomor port ini adalah " 25 ".
  • POP3 (Post Oce Protocol V3) dan IMAP (Internet Mail Application Protocol) - Untuk tahap pengiriman port ini berfungsi untuk membuat sebuah pesan dan juga memproses distribusi kepada port SMTP. Untuk tahap penerimaan pengguna bisa memeriksa pesan pada perangkatnya secara langsung tanpa harus mengakses server terlebih dahulu. Port POP3 adalah " 110 ", Port IMAP adalah " 143 ".


Fungsi Mail Server


Mail Server memiliki fungsi untuk mengirim dan juga menerima pesan dari berbagai pengguna yang ada di dalamnya melalui jaringan internet melalui server, sehingga manusia bisa lebih dimudahkan ketika mereka ingin berkomunikasi dengan pengguna internet yang lain melalui jaringan dengan mudah. Mail Server merupakan perkembangan teknologi dari SMS yang bekerja melalui jalur jaringan telepon sehingga apabila anda ingin menggunakan service sms, anda akan dikenakan biaya sesuai dengan peraturan yang dibuat oleh operator yang sedang digunakan.

Tidak dengan mail server, mail server bekerja secara online menggunakan jaringan internet sehingga anda bebas menggunakannya tanpa dibebankan biaya khusus perSMS/komunikasi Email dengan pengguna lainnya. Namun, apabila anda ingin mengakses email untuk berkomunikasi dengan pengguna yang lain secara gratis maka anda harus memiliki kuota atau jaringan internet untuk menjalankan melalui perangkat anda.


Kinerja Mail Server


Setelah kamu sudah mengetahui tentang dasar males server maka anda bisa mengetahui secara lengkap tentang cara kerja dari mail server.
  • Pertama, Ketika pengirim sudah membuat sebuah pesan yang mereka inginkan maka tahap berikutnya yaitu mengirim dari lokal perangkat mereka ke dalam smtp melalui port "25".
  • Kedua, Setelah pesan sudah diterima oleh port SMTP maka akan menyimpan kedalam server dengan berbagai imbuhan informasi mengenai pengirim, waktu pengiriman, alamat tujuan dan lain sebagainya. Saat tahap editing sudah dilakukan maka proses pengiriman kepada alamat penerima akan diteruskan atau dilanjutkan.
  • Ketiga, Setelah pesan sudah dikirim maka penerima akan menerima pesan yang dimaksud sehingga pesan akan masuk ke dalam inbox di dalam aplikasi khusus untuk transaksi Email seperti Gmail, Yahoo dan Hotmail.
Setelah transaksi sudah selesai dilakukan maka menerima bisa mengecek pesan mereka, data yang dilihat oleh penerima tentunya sama dengan data yang ditulis atau dibuat oleh mengirim. Jenis pesan biasanya berbentuk HTML dan bisa dikombinasikan dengan isi konten gambar, musik, animasi dan dokumen. Sedangkan untuk pemeriksaan pesan, penerima bisa melakukannya melalui browser atau aplikasi khusus untuk transaksi Email.


Gmail, Yahoo dan Hotmail merupakan penyedia layanan email yang gratis dan mudah digunakan melalui browser anda atau aplikasi yang mereka usung. Namun, jika sahabat menghendaki penggunaan email yang lebih menarik, lebih berkualitas dan untuk kebutuhan komunikasi yang besar seperti sebuah lembaga, komunitas besar ataupun perusahaan tentunya fitur Email premium sangat dibutuhkan untuk kebutuhan pemasaran dan juga komunikasi yang tinggi setiap harinya kepada customer ataupun pelanggan mereka.


Artikel terkait :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Mail Server : Pengertian, Protocol, Fungsi Dan Kinerjanya Lengkap.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Mail Server : Pengertian, Protocol, Fungsi Dan Kinerjanya Lengkap.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments