Tuesday, January 15, 2019

Microsoft Excel : Cara Mengurutkan Peringkat Nilai Dan Memberi Nomor Urut Secara Mudah Dan Cepat

Microsoft Excel : Cara Mengurutkan Peringkat Nilai Dan Memberi Nomor Urut Secara Mudah Dan Cepat




Microsoft Excel : Cara Mengurutkan Peringkat Nilai Dan Memberi Nomor Urut Secara Mudah Dan Cepat - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sobat pastinya sudah tidak asing dengan istilah laporan peringkat pada daftar nama. Biasanya ini diterapkan pada sebuah sekolahan, bimbingan belajar, sebuah kompetisi ataupun lomba. Apabila anda seorang guru atau bahkan seorang panitia, hal ini tentunya patut sobat ketahui pasalnya hal ini merupakan dasar teknik dalam penggunaan MS. Excel ketika sedang digunakan, selain itu jenis metode ini juga sering dipakai untuk menentukan posisi berbagai peserta sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing.

Akan tetapi apabila sobat sudah mengetahuinya maka artikel ini mungkin tidak cocok bagi anda yang sudah bisa melakukannya, namun artikel ini ditujukan bagi mereka yang belum bisa atau bahkan tidak pernah mencoba cara ini sekalipun sehingga mereka butuh bantuan tutorial yang cukup membantu mereka.

Lalu, bagaimanakah cara melakukannya ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui tutorialnya lebih lengkap,

Ranking - Merupakan sebuah metode yang bisa anda gunakan untuk menentukan peringkat para peserta atau siswa yang memiliki nilai tertentu, metode ini akan mengurutkan dari nilai yang terbesar hingga nilai yang paling kecil sesuai dengan urutan nilai secara akurat. Metode ini banyak digunakan pada aplikasi microsoft word terutama bagi bapak dan ibu guru ketika mereka menyampaikan peringkat peserta didik mereka ke dalam sebuah kertas yang berurutan dari nilai atau angka terbesar ke nilai yang paling kecil.

Meski begitu, banyak seseorang yang mengetahui hal ini karena dituntut oleh pekerjaan sehingga mereka harus mengetahui melakukannya untuk menyelesaikannya, sehingga mereka menjadi bisa melakukannya meskipun sebelumnya mereka belum pernah sekalipun memanfaatkan fungsi ini di dalam microsoft excel. Berikut ini merupakan cara untuk mengurutkan peringkat pada aplikasi Excel :
  • Pertama, Pastikan sobat sudah siap perangkat komputer dan juga aplikasi yang akan kita gunakan untuk mengolah data tabel yaitu microsoft excel.
  • Kedua, Saat keduanya sudah siap maka pastikan sobat sudah memiliki data mentah yakni data peringkat yang belum urut alias masih acak seperti contoh berikut ini :

  • Ketiga, Setelah itu data silahkan masukan kedalam MS. Excel untuk diolah.
  • Keempat, (1). Seleksi ranking acak yang ingin anda urutkan. (2). Klik kanan kemudian pilih " Sort " pada pilihan. (3). Kemudian pilih " Sort Largest to Smallest " yang memiliki fungsi mengurutkan dari Largest (Angka Besar) sampai ke Smallest (Angka Kecil). Seperti gambar berikut ini :

  • Kelima, Setelah itu anda akan dihadapkan dengan notif seperti popup. (1). Pilih " Expand the selection ". (2). Kemudian klik " Sort ". Seperti gambar berikut ini :

Sampai langkah ini tutorial mengurutkan angka ranking sudah selesai anda lakukan, namun alangkah baiknya kita memberikan nomor pada setiap peserta ranking agar pembaca peringkat bisa tahu mereka pada perangkat ke berapakan saat mereka melihatnya. Berikut ini merupakan cara memberikan nomor urut sesuai ranking tersebut :
  • Keenam, Isi nomor 1 dan selanjutnya dibawahnya adalah 2, kemudian seleksi 2 nomor tersebut. Arahkan cursor mouse anda pada sisi kanan bawah kecil pada gambar seperti berikut ini :

  • Ketujuh, Setelah cursor sudah sobat arahkan maka klik kiri kemudian drag kebawah sesuai dengan jumlah kebutuhan penomoran yang diinginkan. Seperti gambar berikut ini :



Jika sudah jadi maka hasilnya akan seperti berikut ini :



Mudah bukan ?
Meski terlihat sangat mudah, apabila anda belum pernah melakukannya maka anda perlu mencobanya agar sobat bisa melakukannya sendiri menggunakan tangan sobat melalui aplikasi tersebut.



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Microsoft Excel : Cara Mengurutkan Peringkat Nilai Dan Memberi Nomor Urut Secara Mudah Dan Cepat.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Microsoft Excel : Cara Mengurutkan Peringkat Nilai Dan Memberi Nomor Urut Secara Mudah Dan Cepat.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments